RINGKASAN EKSEKUTIF

Tantangan utama pada masa mendatang menghadapi persaingan adalah meningkatkan daya saing dan keunggulan kompetitif di sektor industri dan jasa dengan mengandalkan kemampuan teknologi dan manajemen.  Kemampuan  Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan faktor yang paling krusial. Oleh karena itu dipandang perlu untuk memprioritaskan peningkatan kemampuan SDM dengan memperhatikan dua hal yaitu :

  1. Sumber daya manusia yang mampu menghasilkan komoditas bermutu sesuai dengan referensi konsumen dengan harga yang kompetitif.
  2. Sumber daya manusia yang mampu memenuhi kualitas yang dibutuhkan oleh pasar kerja yang setara dengan standar kompetensi yang berlaku secara nasional dan internasional.

Ketersediaan SDM yang berkualitas sesuai dengan standar kompetensi dan berdaya saing dapat menjadi asset bangsa dalam menjalankan roda pembangunan ekonomi untuk menghadapi persaingan era global yang semakin ketat.  Untuk mengantisipasi hal tersebut, Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) DKI Jakarta sebagai lembaga pendidikan formal berupaya menghasilkan para lulusan yang kompeten dalam bidangnya, berkualitas dan berwawasan Internasional.  Hal tersebut tentunya perlu peningkatan kualitas yang setara intersional sehingga perlu adanya peningkatan status sekolah menjadi Sekolah Bertaraf Internasional. Sesuai dengan Amanat Undang – undang No. 20 tahun 2003 Pasal 50 ayat 3 dan Amanat Peraturan Pemerintah No. 38 tentang Kewenangan Pemerintah, Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota Menyelenggarakan sekurang – kurangnya satu satuan pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi datuan pendidikan bertaraf International.

Dalam rangka mewujudkan Sekolah Pertanian Pembangunan  (SPP) provinsi DKI Jakarta  bertaraf  Internasional diperlukan perencanaan yang mantap dan bertahap yaitu :

  1. Tahap  Rintisan
  2. Tahap  Konsolidasi
  3. Tahap Mandiri

Pada saat ini Sekolah Pertanian Pembangunan (SPP) Provinsi DKI Jakarta masih dalam taraf rintisan dan merumuskan pengembangan dalam Master Plan.

Tujuan dari master plan ini adalah untuk menyiapkan acuan bagi penyelenggara dan stakeholders untuk menyelenggarakan pendidikan si SPP DKI Jakarta menuju Sekolah Bertaraf Internasional dalam rangka menyiapkan tenaga teknis tingkat terampil yang berdaya saing tinggi. Pada master plan ini dirumuskan analisa discrepancy kondisi riil SPP DKI Jakarta dan kondisi ideal sebagai Sekolah Bertaraf Internasional  yaitu dengan 6 program pengembangan antara lain :

  1. Pengembangan SDM Pendidik dan Tenaga Kependidikan
  2. Pengembangan Manajemen Sekolah
  3. Pengembangan Penyelenggaraan Pendidikan
  4. Pengembangan Sarana dan Prasarana Pembelajaran
  5. Pengembangan Kerjasama
  6. Pengembangan Unit Usaha

Masing-masing program dimaksud dirumuskan kedalam kegiatan.   Untuk sarana pembelajaran siswa dan sumber pendapatan sekolah, akan dikembangkan bisnis budidaya sayur, buah dan tanaman hias  dengan system  budidaya organik serta sarana prasarana organik sesuai dengan program pemerintah dalam hal ini Depertemen Pertanian yaitu GO ORGANIK 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: